Mobil Honda BRV Digemari Publik di Aceh
Mobil Honda BRV Digemari Publik di Aceh
Posted by : Administrator Tanggal : 24 Juli 2015 Telah dibaca : 974 Kali

Setelah resmi diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan Agustus 2016 lalu, Honda BRV kemudian melakukan rangkaian roadshow serentak di kota besar di pulau Jawa dan Sumatera. Kehadiran BRV di pulau Andalas dimulai dari kota Medan namun gaungnya telah sampai hingga wilayah lain di pulau Sumatera sampai ke Aceh yang terletak di ujung barat nusantara.

Masyarakat Aceh sendiri memang telah menantikan hadirnya mobil BRV, euforia Honda BRV yang telah menggemparkan dunia otomotif tanah air ternyata membuat penasaran warga Aceh akan sosok mobil yang konon ditujukan bagi kaum pemberani tersebut. Dan terbukti, walau masih berupa model konsep, namun crossover murah Honda itu mampu merebut hati masyarakat di propinsi berjuluk Negeri Serambi Mekah itu.

Sesuai dengan konsep pengembangannya yakni Advanced Scene Hunter, BRV bisa dibilang merupakan paket lengkap dari sosok mobil impian generasi muda penyuka mobil petualang. BRV merupakan perpaduan sempurna dari DNA sebuah SUV murni yang identik dengan karakter gagah dan maskulin dengan kepraktisan dan fungsionalitas tinggi yang menjadi ciri khas dari sebuah mobil kompak perkotaan layaknya hatchback atau citycar.

Nuansa sporty terlihat dari siluet body aerodinamis dengan aksen guratan dan kurva tajam yang mnghiasi garis serta lekukan bodi mobil BRV, detail ornamen serta fitur yang terpasang pada bagian eksteriornya juga memiliki fungsi ganda yakni untuk mempercantik dan memperkuat faktor estetika serta kemewahan dari tampilan luarnya sekaligus meningkatkan utilitas dari crossover utility vehicle ini.

Sosok tangguh mobil BRV diperkuat oleh ground clearence yang tinggi yang membuat mobil ini mampu melintas di berbagai kondisi medan jalan, BRV juga menerapkan konsep desain solid wing face yang menjadi signature line dari mobil Honda terbaru dimana grill radiator dan headlamp disatukan dalam satu bingkai guna menambah akses sporty juga stylish pada facia depan CUV ini.

Lampu utama sendiri telah menggunakan teknologi LED Positionening Projector Lamp untuk memberikan kualitas penyinaran yang lebih baik dan presisi namun lebih irit dalam mengkonsumsi listrik, diatas atapnya terdapat roof rail guna memberikan extra utility ketika ingin bepergian dengan membawa muatan yang cukup besar dan tak tertampung di dalam ruang kabinnya.
 Namun meskipun demikian, kapasitas muat barang di dalam interior mobil BRV sendiri relatif cukup lega untuk ukuran sebuah kendaraan penumpang, bukan itu saja, bukan itu saja, kursi baris terakhir mobil ini juga bisa dilipat hingga konfigurasi 50 per 50 bila ingin memaksimalkan ruang bagi barang bawaan yang tersedia dibelakangnya.

Selain multifungsi, interior Honda BRV juga sangat nyaman bagi para penumpangnya, hal itu berkat tata letak atau layout kabin yang ergonomis serta kualitas jok yang empuk dan lembut dengan nuansa hitam yang mewah dan elegan. Bagian dashboard dirancang minimalis dan modern namun tetap terkesan mewah, penataan panel instrumen serta MID yang apik memudahkan pegemudi dalam mengoperasikannya.

Masyarakat Aceh khususnya di wilayah pesisir pun tak perlu khawatir karena sebagai kendaraan petualang yang dirancang untuk ikllim tropis, BRV dibekali fungsi pendingin ruangan dengan blower ganda guna memastikan suhu di dalam kabin tetap sejuk bahkan saat dikendarai dengan muatan penuh sekalipun.

Performa mobil BRV juga tak bisa dianggap main, Honda mempersenjatai jagoan barunya ini dengan dapur pacu berspesifikasi tinggi yang terdiri dari mesin 4 silinder i-VTEC dengan kapasitas 1.5L yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 120 ps pada 6.600 rpm serta torsi puncaknya 145 Nm di kisaran 4.600 rpm, khusus model BRV CVT menggunakan teknologi Earth Dream Honda yang lebih ringkas namun memberikan jangkauan rasio gear yang luas.

Sumber daya tersebut sangat cocok untuk dikendarai menyusuri alam raya Aceh yang masih alami dengan geografi yang berbukit bukit serta menantang. Selain performa mantap dan bertenaga, keunggulan mobil BRV lainnya yang pasti sangat disukai oleh konsumen ialah sifat ekonomis dan hemat bahan bakarnya.

Tak perlu khawatir untuk tingkat keselamatannya karena Honda telah melengkapi andalannya ini dengan beragam safety features baik aktif maupun pasif mulai dari ABS dan EBD untuk sistem pengereman, vehicle stability dan hill start assist. ELR seatbelt hingga ISOFIX untuk dudukan kursi anak atau balita.

Aceh Jadi Target Market Honda Mobil Indonesia

Dengan spesifikasi yang handal, desain menarik dan atraktif serta fitur yang lengkap baik untuk kenyamanan maupun keselamatan berkendara maka tak heran bila BRV dengan cepat dapat diterima oleh konsumen di Aceh, terlebih lagi harga mobil BRV yang ditawarkan oleh dealer Honda Aceh pun terbilang cukup bersahabat dengan beragam pilihan kepemilikan kendaraan melalui fasilitas kredit yang variatif.

Penjualan mobil BRV di Aceh pun relatif tinggi, peraih gelar Most Favorite Car pada Indonesia International Motor Show 2015 ini memberi kontribusi yang cukup signifikan dalam pemasaran mobil Honda di Aceh bersama dengan Mobilio di segmen Low MPV, Brio Satya LCGC serta tentunya kompatriotnya di kategori mobil penjelajah urban yakni HR-V.

Keempat produk baru Honda tersebut merupakan bagian dari revolusi citra besar – besaran yang dilakukan oleh manufaktur asal Jepang itu, memang sejak tahun 2013 lalu, HPM mulai mencoba merubah branding image perusahaan mereka yang sebelumnya dikenal sebagai produsen kendaraan untuk kalangan atas menjadi lebih merakyat dengan hadirnya sejumlah produk mobil murah Honda dengan harga yang lebih bersahabat bagi masyarakat kebanyakan.

Dimulai dengan Brio, sebuah citycar entry level yang diluncurkan untuk pertama kali melalui gelaran Indonesia International Motor Show tahun 2012 lalu secara CKD dari Thailand, genap setahun kemudian Honda mulai memproduksi sendiri Brio di dalam negeri seiring dengan kehadiran variant LCGC nya bernama Brio Satya serta line up MPV murah pertama mereka yakni Mobilio yang dibuat berdasarkan platform Brio.

Selang 3 tahun kemudian Honda kembali mengembangkan platform mobil Brio untuk dijadikan basis dasar dari crossover murahnya yang bernama BRV, itulah sebabnya Mobilio kerap kali disebuts ebagai Brio MPV sementara BRV adalah versi CUV atau SUV dari citycar ini.

Revolusi yang dilakukan oleh HPM terbukti mebuahkan hasil yang sangat positif, Honda bukan hanya berhasil merubah brand image mereka sebagai produsen “mobil mahal” menjadi produsen kendaraan yang bisa dimiliki oleh siapa saja namun juga sukses meningkatkan progress penjualan mereka secara signifikan.

Hadirnya sejumlah produk unggulan tersebut juga di dukung dengan ekspansi jaringan penjualan serta purna jual yang lebih luas lagi, hal ini dimaksudkan agar lebih mendekatkan produk mobil Honda pada seluruh masyarakat tanah air dari Sabang hingga Merauke dan tentu saja meraih pangsa pasar yang lebih luas lagi.

Sebagai propinsi di ujung barat tanah air, Aceh juga merupakan pangsa pasar penting bagi setiap produsen otomotif yang berkiprah di negeri ini tak terkecuali Honda yang merupakan bagian dari top three produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia.

Sejak tahun 2012 lalu, Honda telah memiliki jaringan penjualan resmi mereka di negeri Serambi Mekah itu yaitu dealer Arista Honda yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Dealer yang sekaligus merupakan diler resmi ke 91 Honda di Indonesia itu merupakan dealer dengan fasilitas 3S yang bukan hanya melayani penjualan produk – produk unggulan mobil Honda namun juga memberikan layanan purna jual yakni service serta penjualan suku cadang.

Kehadiran outlet penjualan mobil Honda berdampak sangat positif, respons masyarakat Aceh demikian antusias terhadap produk kendaraan keluaran brand berlambang H tersebut terutama produk terbaru mereka seperti BRV, HRV, Brio juga Mobilio. Desain memikat, fungsis erta utilitas tinggis serta harga mobil Honda terbaru yang relatif terjangkau adalah faktor utamanya.

Kesuksesan Honda di propinsi yang kaya akan sumber daya munyak bumi dan gas alam tersebut membuat HPM yakin Aceh akan menjadi pasar potensial bagi pemasaran produk mereka di masa depan, tak heran bila HPM kini kian fokus melirik Aceh sebagai salah satu target pasar mereka tentu saja dengan diimbangi dengan strategi pemasaran serta kualitas pelayanan purna jual yang paripurna pula.