Aceh Timur Peroleh Opini WTP Dari BPK
Aceh Timur Peroleh Opini WTP Dari BPK
Posted by : Administrator Tanggal : 10 Juni 2015 Telah dibaca : 1235 Kali

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh, kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pertama kali terhadap hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Kabupaten Aceh Timur tahun anggaran 2014.

Predikat WTP untuk yang yang pertama kali itu disampaikan kepala Perwakilan BPK Aceh, Maman Abdulracman, kepada Bupati Aceh Timur Hasballah bin M Thaib dan juga Ketua DPRK Aceh Timur, Marzuki Ajad, yang disaksikan oleh Kepala Sub Auditorat Aceh III, Eri Endarto, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, M Ikhsan Ahyat SSTP MAP, T Munzar SE selaku Kepala DPKKD Aceh Timur dan Kepala Inspektorat Aceh Timur Muhamad SH MH beserta staf BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, pada acara penyerahan Hasil Pemeriksaan Keuangan Daerah (LKPD) Kabupaten Aceh Timur tahun 2014 di ruang pertemuan Kantor BPK Aceh, di Banda Aceh, akhir pekan lalu.

Penyerahan LKPD ini merupakan yang keempat belas dalam wilayah Provinsi Aceh. Kepala Perwakilan BPK Aceh, Maman Abdulracman menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang telah menyerahkan laporan keuangan daerah 2014 nya kepada BPK, sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendahraan Negara dan UU Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.

Hasil pemeriksaan laporan keuangannya tahun 2014, mendapat penilaian dari auditornya BPK Aceh, wajar tanpa pengecualian (WTP). Ini merupakan penilaian yang pertama kali untuk Kabupaten Aceh Timur. Berbagai koreksi, saran dan usul yang disampaikan dalam hasil laporan keuangan tahun 2014 yang mendapat penilaian WTP dari BPK itu, segera ditindaklanjuti dan hasil tindaklanjutnya secepat dilaporkan kembali ke BPK.

Bupati Aceh Timur Hasballah bin M Thaib menyambut gembira predikat WTP untuk pertama kali yang diberikan BPK terhadap hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun anggran 2014. Keberhasilan Kabupaten Aceh Timur mendapatkan predikat WTP, berkat kerja keras pihak eksekutif bersalama legislatif, serta dukungan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Aceh Timur, termasuk anggota FORKOPIMDA Kabupaten Aceh Timur.

Kerja berikutnya, setelah BPK memberikan WTP terhadap LKPD Kabupaten Aceh Timur tahun 2014, adalah menindanlanjuti koreksi, saran dan usul yang terdapat dalam LKPD 2014. Tindak lanjut koreksi maupun temuan yang disampaikan BPK itu, sangat penting untuk menunjukkan kepada publik bahwa Kabupaten Aceh Timur bersama DPRK nya taat aturan dan hukum.

Mendapat predikat WTP dari BPK, atas hasil pemeriksaan LKPD 2014 nya, merupakan buah hasil kerja keras Bupati bersama DPRK dan dukungan penuh dari SKPK nya dan anggota Muspida Kabupaten Aceh Timur. Setelah predikat WTP diraih untuk pertama kali, kini yang perlu dilakukan adalah upaya mempertahankan agar predikat WTP itu terus bisa diraih Kabupaten Aceh Timur setiap tahunnya.