Kembangkan Kawasan Penangkal Bibit Kedelai
Kembangkan Kawasan Penangkal Bibit Kedelai
Posted by : Administrator Tanggal : 05 Juni 2015 Telah dibaca : 754 Kali

Untuk meningkatkan perolehan hasil panen kedelai yang maksimal, Aceh Timur akan meningkatkan atau memperluas kawasan penangkalan bibit kedelai, sehingga untuk tahun mendatang, bibit kedelai tidak harus dipasok dari luar Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib, menegaskan hal itu, Jumat, (27/6), saat meninjau areal pertanian kedelai di Paya palas, Ranto Peureulak, Aceh Timur. Menurutnya, dengan penangkalan bibit kedelai, akan mampu memenuhi kebutuhan bibit untuk areal PATB seluas 23 ribu hektar, yang tersebar di sejumlah kecamatan di Aceh Timur.

Dikatakannya, untuk tercapainya program tersebut, petugas penyuluh pertanian harus berperan aktif untuk mengembangkan semua potensi yang ada. “Pemkab Aceh Timur akan berupaya menyediakan lahan yang diperlukan sebagai areal penangkal bibit kedelai,” katanya.

Hasballah M.Thaib juga menghimbau petani di Aceh Timur untuk lebih serius mengembangkan kedelai, karena akan didukung penuh Pemkab Aceh Timur dengan target Aceh Timur akan menjadi sentra produksi kedelai di Aceh.

“Semua kegiatan yang dicanangkan pemerintah adalah untuk kesejahteraan rakyat, karena itu diharapkan petani agar tidak menyia-nyiakan bantuan yang telah diberikan pemerintah,” ujar bupati.