Puluhan Anak Aceh Timur Jalani Operasi Bibir Sumbing
Puluhan Anak Aceh Timur Jalani Operasi Bibir Sumbing
Posted by : Administrator Tanggal : 20 Maret 2017 Telah dibaca : 18 Kali

# Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Diapresiasi

IDI – Sebanyak 48 anak penderita bibir sumbing dengan berbagai usia menjalani operasi secara gratis. Operasi bibir sumbing untuk semua pasien kali ini difasilitasi oleh Pemerintah Aceh Timur bersama Yayasan Smile Train dan RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur. Kegiatan berlangsung sejak 17-18 Maret 2017.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur sebelumnya telah memberikan sosialisasi dan membuka pendaftaran serta mendata seluruh penderita bibir sumbing melalui petugas PKH dan Dinas Sosial Aceh Timur. Awalnya terdata 68 pasien, namun 20 diantaranya tidak bersedia dilakukan operasi dengan berbagai alasan.

Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Yang biasa disapa Bupati Rocky dalam sambutannya mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasi semua pihak, sehingga acara bakti sosial tersebut terlaksana. Selaku kepala daerah, Bupati Rocky mengapresiasi Yayasan Smile Train yang telah mendatangkan dokter ahli dibidang bedah dalam membantu operasi bibir sumbing.

“Kegiatan ini bukan perdana di Aceh Timur, karena sebelumnya kita telah melaksanakan operasi penderita bibir sumbing asal Aceh Timur dengan membawanya ke Banda Aceh. Namun kali ini sangat kita apresiasi mereka tidak perlu lagi operasi kesana, lantaran dokter dan alat sudah didatangkan ke Aceh Timur,” kata Bupati Rocky.

Dijelaskannya, bakti sosial operasi bibir sumbing yang diusung dengan tema “Aceh Timur tersenyum dan bereh,” semata-mata dilakukan untuk membantu seluruh keluarga penderita  bibir sumbing. “Seluruh biaya operasi ditanggung, bahkan biaya konsumsi dan akomodasi serta transportasi ditanggung. Keluarga hanya membawa pasien ke RSUD Dr. Zubir Mahmud,” Kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Rocky Juga kembali menghimbau masyarakat agar tidak takut dan ragu untuk dilakukan operasi bibir sumbing. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam hal ini RSUD Zubir Mahmud telah menyediakan pelayanan yang maksimal serta melibatkan dokter ahli bedah dari Banda Aceh. “Jangan ragu dan takut, karena kesehatan adalah modal paling utama, termasuk dalam membangun komunikasi nanti,” ujar Bupati Rocky.

Koordinator Smile Train Propinsi Aceh, Rahmad Maulizar, menyebutkan, timnya yang diturunkan ke Aceh Timur dalam proses bakti sosial operasi bibir sumbing sebanyak 20 orang terdiri dari dokter spesialis bedah plastik, spesialis bius dan tim medis lainnya seperti dokter umum dan perawat. “Hari ini kegiatannya peserta melakukan cek darah, HB dan berat bedan ke laboratorium,” katanya.

Secara spesifik, untuk bayi usia tiga bulan dengan berat badan lima kilogram sudah dapat diambil tindakan operasi. Untuk penderita bibir sumbing dengan celah langit-langit bocor tindakan operasi diambil disaat berat badan 10 kilogram dengan usia sembilan bulan. “Artinya, pasien tidak harus menunggu umur dewasa untuk diambil tindakan operasi, karena tim medis yang didatangkan sudah berpengalaman dan profesional dibidangnya,” ujar Rahmad Maulizar.

Rahmad Maulizar juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, karena kedatangan pihaknya ke Aceh Timur benar-benar dibantu dalam proses bakti sosial tersebut, karena seluruh pasien sudah didata dan dikumpulkan. “Kita berharap Pemerintah Kabupaten lain khususnya di Aceh dapat mengikuti jejak Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, karena kami (Yayasan Smile Train), siap bekerjasama dengan siapapun,” tandas Rahmad Maulizar. (Admin/TI/HS/Humas_Setdakab).

Teks Foto :

Foto Kiri : BUPATI Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thain melakukan tepung tawar terhadap penderita bibir sumbing sebelum diambil tindakan operasi bibir sumbing di RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur di Idi, Jumat 17 Maret 2017. Foto: Humas Aceh Timur

Foto Kanan : Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib menyampaikan sambutan pada saat Pembukaan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur di Idi, Jumat 17 Maret 2017. Foto: Humas Aceh Timur